30 November 2011

Tips Belajar Bahasa Asing

 


Saat ini, semua orang dituntut untuk pandai bahasa asing, baik pasif maupun aktif. Bahasa asing yang harus dikuasai tidak melulu bahasa Inggris, namun bahasa asing lainnya seperti: Arab, Mandarin, Jepang, Jerman, dan Prancis.

Untuk apa berlajar bahasa asing?

Banyak sekali manfaat yang diperoleh dengan mempelajari bahasa asing, antara lain:
  1. Hampir semua pekerjaan membutuhkan karyawan yang bisa menggunakan bahasa aing. Misalnya pekerjaan di bidang penerjemahan, penulisan, kantoran, dll.
  2. Kita akan mudah berkomunikasi dengan orang luar, apalagi saat kita sudah berada di era modern.
  3. Mudah mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Biasanya, bila kita ingin di luar negeri, salah satu syaratnya adalah pandai berbahasa asing
  4. Masih banyak manfaat lainnya.

Cara Mudah Belajar Bahasa Asing

Cara mudah dalam mempelajari bahasa asing hanya ada satu, yaitu "sering berlatih". Berlatih dalam percakapan, mendengarkan, dan membaca. Percuma saja keinginan kita menguasai bahasa asing begitu besarm bila tidak ada tindakan nyata. Berikut ini adalah cara-cara yang bisa dilakukan.
  1. Biasakan membaca bacaan atau cerita yang berbahasa asing (bahasa yang ingin dikuasai).
  2. Saat kita menggunakan social network, biasakan untuk menyetingnya ke dalam bahasa asing agar kita terbiasa dengan istilah-istilah di dalamnya.
  3. Biasakan untuk selalu menonton film tanpa subtitle bahasa Indonesia.
  4. Bila perlu, ajaklah orang lain untuk berkomunikasi dengan menggunakan bahasa asing.
  5. Belajar online gratis. Kita bisa belajar bahasa asing via online dengan biaya gratis karena situs-situs yang menyediakan laman untuk belajar bahasa secara online via koneksi internet, telah banyak bertebaran.
  6. Rutinlah belajar setiap hari.
  7. Catat bila ada sesuatu yang kita anggap penting.
  8. Praktekkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya dengan menyebutkan benda-benda yang ada di sekitar kita dengan menggunakan bahasa asing tersebut.
  9. Untuk menguji kemampuan kita seberapa jauh skill kita di bidang bahasa asing, maka tidak salah bila kita mengikuti kompetisi seperti lomba menulis, lomba pidato, dan sebagainya.
  10. Buatlah blog yang isinya menggunakan bahasa asing, atau ikuti grup di jejaring sosial yang serius untuk komunitas pelajar bahasa asing untuk mempertajam dan melayih kemampuan bahasa asing kita.

Belajar Murah Meriah

Kita bisa belajar bahasa asing secara otodidak, asalkan kita rajin dan niat. Percuma juga membayar uang untuk les bahasa asing berjuta-juta, bila kita tidak pernah mempraktikkannya. Belajar bahasa seperti belajar mengendarai mobil. Bila kita tidak pernah atau jarang memakai mobil, maka kita tak akan mungkin bisa lancar mengemudikan mobil sekalipun kita bagus dalam teori.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:
Tulis komentar