30 Juni 2017

Memanah

 


Memanah (Archery) adalah melatih keahlian menggunakan Busur dengan anak panah yang sesuai, Kata Archery sendiri diambil dari bahasa latin Arcus. Memanah telah banyak di gunakan untuk kegiatan berburu dan berperang. Dalam kehidupan Modern saat ini Memanah telah berubah menjadi cabang olah raga yang dipertandingkan dan juga mulai di kembangkan untuk kegiatan wisata. Seseorang yang berlatih Memanah biasanya akan di sebut Pemanah, bukan mujahid, hehehe.
Teknologi Busur untuk memanah telah ditemukan pada masa awal periode Mesolitik.Panah dibuat dari kayu pinus yang kemudian diikatkan tali pada kedua ujung kayunya.

Panahan berkembang pesat di wilayah Asia. Istilah Sansekerta untuk panahan adalah dhanurveda, dan di Asia Timur Kerajaan Kore merupakan kerajaan yang terkenal dengan pasukan pemanahnya.
Seni memanah memang pada awalnya hanya sebuah cara yang digunakan untuk bertahan hidup Jadi, memanah itu sendiri, sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu, yang mana senjata dari seni yang satu ini hanya terdiri 2 bagian, yakni busur dan anak panahnya.

Orang-orang zaman dahulu, sudah menggunakan senjata yang satu ini untuk berbagai kepentingan, misalnya untuk berburu, berperang, ataupun hanya sekedar membangun tempat berteduh. Sampai saat ini, sebanarnya masih cukup banyak orang dari berbagai belahan dunia yang menggunakan senjata tersebut.

Tetapi tidak secara keseluruhan, lebih tepatnya hanya beberapa kalangan suku saja yang masih menggunakannya hingga saat ini, contohnya seperti suku-suku di daerah pedalaman sungai Amazon, suku Dayak di Kalimantan Tengah, suku Irian di Irian Jaya, suku Negro di Afrika, suku Veda di pedalaman Srilangka, dan suku Kubu di Sumatera.

Hingga kinipun masih ada suku-suku bangsa yang mempergunakan busur dan panah dalam penghidupan sehari-hari mereka, seperti: suku-suku bangsa di hutan-hutan daerah hulu sungai Amazone, suku-suku Veda, suku-suku Negro, suku-suku Irian, suku Dayak dan suku Kubu
Kalau di kilas balik sejarah tentang panah dan berbagai jenisnya, seni yang satu ini memang belum jelas bagaimana sejarah yang lebih tepat Namun, dari beberapa versi cerita sejarah panahan yang ada, diantaranya terdapat 2 kelompok ahli yang mengemukakan cerita yang berbeda.

Kelompok pertama menyebutkan, senjata panah dan penggunaannya, sudah ada sejak era Mesolitik, tepatnya sekitar 5000-7000 tahun yang lalu. Sedangkan versi yang lain, senjata panah itu sendiri sudah lebih dahulu lagi digunakan dalam kehidupan manusia, lebih tepatnya sejak era Paleolitik, yang mana zaman tersebut ada sekitar 10.000-15.000 tahun yang lalu.

Konon, para ahli geografi dan purbakala yang sedang melakukan penggalian di Mesir, mereka menemukan tubuh prajurit yang usianya sudah ada sejak masa era Mesir Kuno. Berdasarkan hasil penemuan ini, diketahui bahwa tubuh prajurit itu mati karena terkena anak panah. Inilah yang dijadikan sebagai salah satu bukti kalau panah dan semua penggunaannya sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu.

Tapi seiring dengan perkembangan zaman, sekali lagi, aktifitas memanah itu sendiri sudah jarang digunakan untuk berburu ataupun berperang. Saat ini, aktifitas memanah itu sendiri sudah terdaftar sebagai salah satu cabang olahraga yang di kompetisikan pada Olimpiade, baik itu Nasional, maupun Internsaional.
Jadi, pada dasarnya, memanah itu selain sunnah Nabi, ya juga sunnah (kegiatan) yang dilakukan umat manusia sejak dulu. Begitu? Ayo yang mau belajar memanah, pada gambar berikut ini, silahkan pilih gaya yang mana? Hehehe

Tidak ada komentar:
Tulis komentar