21 Mei 2011

Leksikologi Bahasa Arab

 

Judul Buku : Leksikologi Bahasa Arab
Penerbit : UIN Malang Press
Tahun : 2008
 ISBN : 979-24-2998-0

Deskripsi Buku
Leksikologi atau Ilm Maajim merupakan ilmu bahasa yang paling tua. Dahulu, ilmu perkamusan ini menjadi dasar kodifikasi para ulama bahasa. Sayangnya, ilmu ini makin kurang diminati. Beberapa literatur ilm Maajim yang berbahasa Arab juga minim, dan yang berbahasa Indonesia, belum ada. Sehingga, buku ini merupakan buku leksikologi bahasa Arab pertama yang ada di Indonesia.

Karena leksikologi (maajim) adalah follow up atau terapan dari semantik (dalalah), maka buku inipun dilengkapi dengan teori dasar ilmu semantik hingga ilmu leksikografi. Selain itu, selling point buku ini, juga terletak pada bagian akhir tentang riwayat hidup para leksikolog Arab seperti Khalil Al-Farahidy, Fairuzabadi, Ibnu Mandzur dan banyak lagi yang lainnya.

Cetakan Terbaru (II)


Buku ini diawali dg kajian semantik (ilm dalalah) seputar kata, simbol, makna, teori memahami makna dsb, karena memang leksikologi bagian dari semantik dan keduanya bagian dari leksikologi (Ilmu Bahasa). Buku ini tidak hanya mengupas teori perkamusan, sejarah kodifikasi bahasa, tipologi kamus, tapi juga mengenalkan leksikolog Arab mulai dari era klasik: Khalil al-Farahidy (al-Ain) hingga modern: Lewis Ma'luf (Munjid). 

Harga: Rp 64.000.
Penerbit: UIN Malang Press.
Cetakan 2008 (I), 2016 (II-edisi baru).

Minat? Bisa langsung merapat ke UIN Malang Press, atau toko-toko buku terdekat di kota Anda (Toga Mas, Gramedia). Atau, bisa langsung ketemu Penulis, sedikit lebih hemat, bisa selfi lagi, hehehe... Harga hemat, WA/SMS (081945559977)


6 komentar:
Tulis komentar
  1. Pak dimana saya bisa mendapat buku ini.. kemarin saya ke Book Centre UIN Malang katanya sudah dicetak lagi.. saya sangat membutuhkan buku ini..
    tolong kontak saya.. usahafajar@gmail.com. terimakasih

    BalasHapus
  2. Belajar Cinta: Mas, bisa langsung tanyakan ke UIN Maliki Press, sebab saya tdk ikut2 ttg masalah publikasi dan penjualan buku.

    BalasHapus
  3. Klo di toko buku luar Malang ada ga ya?

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum, wr.wb.
    Maaf Ustadz, saya ingin mengkonfirmasi. Dalam blog saya, saya memuat beberapa tulisan antum dalam buku Leksikologi Bahasa Arab tanpa seizin antum. Namun walau demikian saya sudah mencantumkan sumbernya yaitu buku antum itu. Maaf karena saya terlalu lancang. Kalau antum kurang berkenan, tolong konfirmasi/balas komentar saya ini. Saya akan langsung hapus postingan-postingannya. Bisa dicek disini www.al-arabiyyah.com. Syukran

    BalasHapus
  5. assalamu'alaykum, maaf sebelumnya, kalau saya boleh tahu, dimana ya, buku ini bisa saya dapatkan?

    BalasHapus
  6. Artikel yang sangat bagus admin..

    BalasHapus