30 September 2010

Salah Paham tentang Islam

 


Ada 10 hal yang sering disalahpahami tentang Islam sehingga Islam sebagai tuntunan hidup yang hendak mengantarkan manusia bahagia dunia-akhirat menjadi sebuah ajaran agama yang kemudian dibenci, didiskriditkan, dipandang sebelah mata, dan bahkan disudutkan dalam berbagai hal. 

Posisi Islam semacam ini adalah akibat dari pihak luar yang salah dalam memahami Islam, atau bisa jadi umat Islam sendiri yang belum mampu mensosialisasikan kemuliaan ajaran Islam itu sehingga benar apa yang dikatakan Sayyid Qutub, bahwa "al-Islam mahjubun bil-muslimin", artinya Islam menjadi terselubung, tersembunyi, terabaikan karena sikap umat Islam sendiri yang tidak mengerti ajaran itu, tidak mengamalkan dan tidak pula mendakwahkannya. 10 hal yang dipahami keliru oleh pihak luar, yaitu:

1. Islamic Terrorism Misconception: 
Islam adalah teroris

 Ini jauh kesalahpahaman Islam terbesar, tidak adil yang diberikan oleh masyarakat dan stereotyping gambar yang memberikan media. Cara tertentu ketika sekelompok orang menyerang orang lain kelompok ini diberi label sebagai 'hate crime', tetapi ketika seorang Muslim terbuka untuk siapa saja api cepat itu dianggap sebagai 'terorisme'. Banyak diktator politik dan para pejabat atau kelompok-kelompok ekstremis menggunakan nama Islam sebagai strategi untuk mengumpulkan pengikutnya dan perhatian ketika banyak dari mereka menentang praktek-praktek yang benar dasar Islam.

Media juga menggambarkan Islam sebagai agama atau sebuah klub di mana anda jika anda bergabung menjadi teroris dan yang kini bagian dari agenda. Benar-benar menyudutkan! Padahal, ada banyak ayat dalam al-Quran yang bertentangan dengan ide terorisme. Beberapa ayat-ayat termasuk "berperang di jalan Allah orang-orang yang memerangi kamu, tetapi tidak melampaui batas Tuhan tidak suka batas." Ini berarti pada dasarnya tidak berperang kecuali dalam pembelaan diri dan bahkan dalam hal tersebut tidak pergi jauh pertahanan. 

Ayat lain menyatakan "jika mereka mencari perdamaian, maka anda mencari perdamaian," yang berarti tidak menyerang orang tanpa alasan atau bersalah membunuh orang. Tak ada dalam Islam, apakah di al-Quran atau sabda Nabi Muhammad, yang mendorong pembunuhan orang bersalah.

2.By the sword
Islam telah menyebar oleh pedang

 Sejarawan De Lacey O'Leary menyatakan "Sejarah membuatnya jelas bahwa legenda yang fanatik kepada Islam melalui sweeping dan memaksa dunia Islam pada titik di pedang". Tidak ada dalam catatan sejarah menunjukkan bahwa orang yang dipaksa oleh pedang untuk masuk Islam. Ketika Islam menyebar melalui negara-negara, umat Islam akan menyiapkan pribadi gereja dan sinagog untuk non muslim. Pada proses asimilasi, mereka yang non-muslim itu sendiri yang menerima perlakuan umat Islam yang baik untuk mereka konversi sehingga sedikit demi sedikit mereka menerima Islam. 

Jika sejarah kembali dibaca secara obyektif, maka diketahui bahwa umat Islam ketika menyebar ke barat dari Spanyol dan Maroko dan ke timur dari India dan Cina, mereka tidak memaksakan kehendak orang lain untuk memeluk Islam. Ada lagi yang perlu dicacat, Iketika Mongol menyerang dan menaklukkan sebagian besar kerajaan Islam, mereka tidak merusak agama! Mereka sendiri yang kemudian tertarik dengan ajaran Islam yang mulia!

3.Women's right
Perempuan tidak memiliki hak

 Kesalahfahaman lain terhadap Islam adalah bahwa Islam adalah agama yang kurang menghargai harkat wanita. Karena Islam memperbolehkan poligami dan membedakan wanita dalam masalah hukum dengan laki-laki, maka mereka menganggap bahwa Islam kurang menghargai wanita. 

Pada dasarnya, Islam sangat menghargai wanita. Karena tingginya penghargaan Islam terhadap wanita itu, maka wanita dalam Islam diberikan posisi yang sangat mulia. Rasulullah ketika ditanya tentang siapa yang lebih dahulu harus dihormati, maka secara berurut-urut beliau menjawab, ibumu sampai tiga kali dan keempat baru bapakmu.

Hadits di atas menggambarkan bahwa wanita dalam Islam sangat dihormati dan dijunjung tinggi dalam kehidupan umat Islam. Jika dalam dunia muslim terjadi penindasan terhada wanita, maka kebanyakan perlakuan terhadap wanita di dunia Muslim didasarkan pada budaya dan tradisi lokal, tanpa dasar ajaran Islam apapun. Faktanya, praktik seperti pernikahan paksa, pelecehan rumah tangga, dan pembatasan gerak-gerik sangat bertentangan dengan hukum Islam mengenai perlakuan oleh keluarga dan kebebasan pribadi.


4.Muslim Savages
Islam adalah kejam dan savages selama perang

 Adanya kasus-kasus terorisme yang dilakukan umat Islam di Indonesia dan belahan dunia lainnya, menjadi dalil bahwa Islam adalah agama teroris. Padahal terorisme sama sekali tidak diajarkan dalam agama Islam. Seluruh isi Qur’an, diambil sebagai teks lengkap, menyampaikan pesan harapan, kepercayaan, dan kedamaian bagi 1 milyar umatnya.

Pesan yang luar biasa ini dapat ditemukan melalui percaya terhadap Tuhan, dan keadilan diantara manusia. Pemimpin dan cendekiawan Muslim terus menentang terorisme dalam berbagai bentuk, dan memberikan penjelasan atas ajaran yang mereka salah pahami ini. Dengan demikian, terorisme yang dilakukan oleh mereka adalah merupakan keyakinan pribadi yang salah terhadap Islam.

5.Child bride
Nabi Muhammad adalah pedophile

 Nabi Muhammad saw menikahi gadis berusia 9 tahun tidak ada buktinya. Walaupun seandainya memang dia menikahi seorang gadis berusia sembilan tahun, itu tidak merupakan pedophilia. Secara historis, ini adalah usia di mana seorang gadis dianggap siap untuk menikah telah puberty. Ini merupakan bagian dari norma/budaya lokal yang ada di beberapa belahan dunia, termasuk di jazirah Arabia saat, dan bukan merupakan sesuatu yang invented (diciptakan) Islam. Bahwa, wanita telah menikah untuk mencapai masa pubertas 3 tahun sebelum menikah. Setelah mencapai usia masa remaja, setiap orang baik laki-laki atau perempuan, bertanggung jawab untuk tindakan mereka di bawah hukum Islam. Pada tahap ini, mereka diizinkan untuk membuat keputusan mereka sendiri dan bertanggung jawab atas pilihannya.

Dalam Islam, haram memaksa seseorang untuk menikahi seseorang yang tidak ingin menikah. Tidak ada indikasi bahwa pada waktu itu perkawinan di bawah umur (dalam pandangan modern saat ini) dikritik oleh masyarakatnya. Sebaliknya, perkawinan semacam itu didorong oleh si gadis dan keluargnya dan telah disambut oleh masyarakat luas.

6.Islamic Jihad
Jihad berarti berjuang demi Tuhan

Kata Jihad berasal dari bahasa Arab yang berarti “berusaha.” Kata lainnya meliputi “upaya,” “kerja,” dan “jerih payah.” Sebenarnya Jihad adalah usaha untuk mempraktikan agama melawan penindasan dan penyiksaan. Usaha tersebut bisa merupakan melawan iblis di dalam hati kita, atau berdiri melawan seorang penguasa kejam. Upaya militer adalah pilihan, tapi sebagai pilihan terakhir dan bukan “menyiarkan Islam melalui pedang.”.

7.Religious intolerance
Islam adalah tiada Toleransi terhadap agama lain

 Di dalam Qur’an, Muslim diingatkan bahwa bukan hanya mereka yang menyembah Tuhan. Yahudi dan Kristen juga disebut “Umat Kitab,” yang berarti umat yang telah menerima wahyu dari Tuhan Yang Maha Kuasa yang kita semua sembah. Kita diperintah baik kepada semua umat beragama dalam dalam sosial seperti tolong-menolong, kerja bakti, dsb.

8.Children's Right  
Anak-anak tidak memiliki hak

Anak-anak, menurut hukum Islam, ada berbagai hak. Salah satunya adalah hak untuk benar membawa atas, dibangkitkan, dan pendidikan. Islam mendorong anak-anak untuk dibawa sampai dengan baik karena ia adalah tanggung jawab seorang dewasa untuk meningkatkan anaknya untuk menjadi moral dan etika dewasa. 

Anak-anak juga harus diperlakukan sama. Ketika memberikan hadiah keuangan mereka semua harus menjadi sama dan tidak ada pilihan di antara mereka. Bahkan anak-anak yang sedang diijinkan untuk mengambil dari kekayaan orang tua mereka untuk mempertahankan diri jika orang tua mereka menolak untuk memberikan dana untuk hidup benar. Seorang anak juga tidak diperbolehkan untuk mendapatkan hit di wajah atau terkena sesuatu yang lebih besar dari sebuah pensil.

9.Muslims and Yesus  
 Muslim Hate Yesus

 Ada banyak kesamaan antara sejarah referensi dari Kekristianan dan Islam. Banyak orang kagum untuk mengetahui bahwa menurut kepercayaan Muslim, Yesus adalah salah satu yang paling besar utusan Allah. Satu tidak dapat seorang Muslim tanpa percaya pada dara kelahiran dan banyak mukjizat Yesus Kristus. 

Yesus juga disebut dalam banyak ayat-ayat Quran dan lebih sering digunakan sebagai contoh yang baik dan kebaikan karakter. Namun, perbedaan antara Kristen dan Islam adalah bahwa umat Islam tidak percaya bahwa Yesus adalah Tuhan. 

10.Muslims are arab  
Semua umat Islam adalah Arab

The Common gambar seorang Muslim adalah orang Arab memakai serban gelap dengan janggut panjang. Namun gambar ini adalah bagian dari umat Islam yang minoritas. Arab membuat hanya 15% dari populasi dunia Muslim.

Sesungguhnya Timur Tengah datang di Asia Timur dengan ketiga datang pada pertama (69%) dan Afrika (27%) pada kedatangan kedua. Common kesalahpahaman lain adalah bahwa semua Arab adalah Islam. Sementara mayoritas Arab adalah Islam (75%), ada banyak agama lain yang termasuk amalan Arab Kristen dan Judaisme

2 komentar:
Tulis komentar
  1. mari sebarkan islam ke relung2 dunia, dengan memberi contoh kebaikan menurut cara hidup kita yang sesuai islam, dengan mengajak umat islam untuk sholat, memakmurkan masjid, toleran dalam arti untukku agamaku untukmu agamamu bukan membiarkan kebathilan tetap berlangsung, tidak korupsi/mencuri apapun alasannya dan melaporkan pencuri/koruptor, menegakkan sholat kita tentu, makan makanan yang jelas halal, jangan halal haram hantam, menghormati guru, tidak nyontek, itu mencuri dan menipu. dan semua perbuatan baik dan untuk kebaikan

    BalasHapus
  2. sebuah ajakan yang baik, mas Umar, semoga kita semua diberi bimbingan oleh Allah untuk bisa melaksanakannya. Amin

    BalasHapus