Firman Allah swt (artinya):
وما الحيوة الدنيا إلا لعب ولهو. وللدار الآخرة خير للذين يتقون. أفلا تعقلون
"Kehidupan dunia ini adalah main-main dan senda gurau, sungguh kampung akhirat itu yang lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Apakah kalian semua tidak memikirkannya?" (QS. Al-An’am [6]:32)
Hikmah dari ayat tersebut
- Manusia yang hidup di dunia tidak bisa menghindari main-main) demi memilih akhirat.
- Ketetapan Allah bahwa kehidupan dunia adalah bermain-main, sehingga semua aktifitas hidup di dunia tidak bisa lepas dari unsur bermain, termasuk dalam proses belajar-mengajar.
- Permainan tidak selalu bersifat rekreasi semata, tapi juga bersifat edukatif.
- Bermain sambil belajar. Sebaliknya, belajar sambil bermain.
Perlunya permainan dalam Pembelajaran
- Permainan mampu menghilangkan kebosanan
- Permainan memberikan tantangan untuk memecahkan masalah dalam suasana gembira
- Permainan menimbulkan semangat kerjasama, sekaligus persaingan yang sehat
- Permainan membantu siswa yang lamban dan kurang motivasi
- Permainan mendorong guru untuk selalu kreatif
8 Alasan
Penggunaan
Permainan
dalam
PBM
- Permainan dapat memusatkan perhatian siswa pada satu aspek kebahasaan, pola kalimat, atau kelompok kata tertentu
- Permainan dapat difungsikan sebagai pengguatan atau ganjaran (reinforcement), review, dan pemantapan
- Permainan menuntut partisipasi yang sama dari semua siswa
- Permainan dapat disesuaikan dengan keadaan individu siswa
- Permainan memberikan kontribusi bagi terciptanya iklim persaingan sehat dan membuka jalan digunakannya bahasa target secara alami dalam situasi yang santai
- Permainan dapat digunakan dalam berbagai situasi pembelajaran dan dalam berbagai kemahiran berbahasa
- Permainan memberi umpan balik sesegera mungkin bagi guru
- Permainan dapat meningkatkan partisipasi siswa secara maksimal
RAMBU-RAMBU
PERMAINAN
- Permainan apapun harus untuk mencapai tujuan
- Setiap Permainan harus diberi aturan jelas , tegas dan dipatuhi semua pihak
- Permainan Beregu, kelompok dibagi seimbang
- Permainan sebaiknya melibatkan siswa sebanyak mungkin
- Permainan harus disesuaikan dengan kemampuan siswa
- Guru bertindak sebagai pengelola permainan yang menumbuhkan motivasi siswa
- Sebaiknya permainan dihentikan ketika siswa tenggelam dalam keasyikan
- Jumlah siswa dalam Kelas
- Usia Siswa
- Tingkat Kemampuan
- Topik Pembelajaran
- Kondisi Kejiwaan Siswa
- Kegaduhan yg mungkin timbul
- Perhatian Siswa
- Ketersediaan Waktu
- Pertimbangan Budaya
sumber:
McCallum (1980). 101 Word games
Hidayat
dan
Tatang
(1980), permainan,
simulasi
dan
main peran
dalam
pengajaran
bahasa
mantap
BalasHapusachmad faidhullah 12150128
Syukron ustadz ilmunya. ALA B 12150129
BalasHapusTerimakasih atas ilmunya ustadz,, (12150088 ALA B)
BalasHapusmanfaat
BalasHapus12150128
manfaat
BalasHapus12150128
Smogha bermanfaat untuk kami para calon pendidik... syukron ustadz.
BalasHapusTika lutfiana 12150118 A.L.A B
Sangat menarik, semoga bermanfaat untuk para pembaca lainnya. Syukron ustadz.
BalasHapusImanah 12150108
alhamdulilah kher ....... :)
BalasHapusfirman 12150148
Sangat menarik, semoga bermanfaat untuk para pembaca lainnya. Syukron ustadz.
BalasHapusWiwin Dwi Lestari (12150102)
sangat membantu...
BalasHapussyukron ustad
#12150093
alhamdulillah..
BalasHapus12150096..sangatt bermanfaat ustadz
Sippp ustad
BalasHapus12150121
Syukran UStadz, mumtaz
BalasHapusPermainan memberikan banyak sekali manfaat bagi pembelajaran, serta memberikan umpan balik yang lebih baik, akan tetapi jangan lupa bahwasannya tidak semua permainan mampu diterapkan harus diperhatikan pula hal-hal diatas,serta memilih permainan yang tepat dan sesuai dengan karakter siswa..
12150122 ^-^
BalasHapustrimakasih ustad ilmux
BalasHapussangat bermanfaat,, syukron ustad
BalasHapusFauziyah Lailatul H. 12150099
terimakasih ilmunya ustad..
BalasHapusRiski Elok Pradana (12150105)
alhamdulillah ustadz,... sangat membantu. alhamdulillah sudah saya catat... hehehe
BalasHapus(13150003)
syukron ustadz,, bermanfaat sekali
BalasHapusROFIQOH LAILA HANUM (13150021)
Maa Syaa Alloh...Syukron ustadz...sangat bermanffat
BalasHapus