28 Februari 2017

Model Pengembangan E-Learning

 

Web Course
          Penggunaan internet untuk keperluan pendidikan, yang mana peserta didik dan pengajar sepenuhnya terpisah dan tidak diperlukan adanya tatap muka.
          Seluruh bahan ajar, diskusi, konsultasi, penugasan, latihan, ujian, dan kegiatan pembelajaran lainnya sepenuhnya disampaikan melalui internet.
          Dengan kata lain model ini menggunakan sistem jarak jauh
Web Centric Cource
          Penggunaan internet yang memadukan antara belajar jarak jauh dan tatap muka (konvensional). Sebagian materi disampaikan melalui internet, dan sebagian lagi melalui tatap muka. Fungsinya saling melengkapi.
          Dalam model ini pengajar bisa memberikan petunjuk pada siswa untuk mempelajari materi pelajaran melalui web yang telah dibuatnya. Siswa juga diberikan arahan untuk mencari sumber lain dari situs-situs yang relevan.
          Dalam tatap muka, peserta didik dan pengajar lebih banyak diskusi tentang temuan materi yang telah dipelajari melalui internet tersebut
Web Enhanced Cource
          Pemanfaatan internet untuk menunjang peningkatan kualitas pembelajaran yang dilakukan di kelas.
          Fungsi internet adalah untuk memberikan pengayaan dan komunikasi antara peserta didik dengan pengajar, sesama peserta didik, anggota kelompok, atau peserta didik dengan narasumber lain.
          Peran pengajar dalam hal ini dituntut menguasai teknik mencari informasi di internet, membimbing pelajar mencari dan menemukan situs-situs yang relevan dengan bahan pembelajaran, menyajikan materi melalui web yang menarik dan diminati, melayani bimbingan dan komunikasi melalui internet, dan kecakapan lain yang diperlukan

Pengembangan Sistem E-Learning
1.       STATIS
·         Pengguna sistem ini pelajar hanya dapat men-download bahan-bahan belajar yang diperlukan. Dari sisi administrator, ia hanya dapat meng-upload file-file materi
·         Pada sistem ini, suasana belajar yang sebenarnya tak dapat dihadirkan, misalnya jalinan komunikasi.
·         Sistem ini cukup berguna bagi mereka yang mampu belajar otodidak dari sumber-sumber bacaan yang disediakan dalam sistem ini, baik yang berformat HTML, Power Point, PDF, maupun yang berupa video.
·         Sistem ini berfungsi untuk menunjang aktivitas belajar mengajar yang dilakukan secara tatap muka di kelas

2.       DINAMIS
·         Fasilitas yang ada pada sistem ini lebih bervariasi dari apa yang ditawarkan sistem pertama (Statis).

·         Fasilitas Sistem Dinamis seperti forum diskusi, chat, e-mail, alat bantu evaluasi pembelajaran, manajemen pengguna, serta manajemen materi elektronis sudah tersedia. Sehingga pengguna mampu belajar dalam lingkungan belajar yang tidak jauh berbeda dengan suasana kelas

Tidak ada komentar:
Tulis komentar