24 Agustus 2020

Cara Merekam Video Pembelajaran di Zoom

 

 Zoom admits routing user data through China, says govt customers ...

Zoom merupakan aplikasi yang disediakan untuk keperluan video streaming atau pembuatan video live yang memungkinkan para pengguna yang berada di jaringan internet dapat berinteraksi dan berkomunikasi secara langsung dengan saling melihat melalui media video. Aplikasi Zoom dan video ini dapat diakses para penggunanya melalui layar laptop, komuter PC, tablet, maupun smartphone. Kini, aplikasi Zoom makin digemari seiring pandemi yang mengharuskan social distancing sehingga aktivitas manusia terbatasi oleh ruang. Namun, dengan Zoom, mereka tetap bisa berkomunikasi dan berbagi file atau informasi (materi ajar, materi seminar, pelatihan, dls) yang dikemas dalam berbagai acara, semisal Webinar (Seminar Berbasis Website), Pembelajaran Daring (online), Ngaji Online, Istighatsah Online, Rapat Online, dls, sehingga aktivitas yang biasanya dilakukan di waktu normal, bisa tetap berlangsung via Zoom.

Lalu, bagaimana cara mengoperasikan aplikasi Zoom, merekam aktivitas tele-conference saat berlangsung di Zoom, atau bahkan membuat video pembelajaran sederhana, ringkas dan cepat dengan Zoom lalu dibagikan ke siswa/peserta melalui akun Youtube, Kelas Online (Google Classroom, dls), Medsos (WA, Facebook, dls). Berikut ini, kumpulan video tutorialnya. Silahkan disimak. Terima kasih. Semoga bermanfaat.

Cara Merekam Video (sebagai Peserta dan Host/Panitia)

Cara merekam diri sendiri dengan presentasi materi dan tampilan wajah, setelah direkam, bisa langsung menjadi file mp4. Cocok untuk para guru.
Cara live streaming (menyiarkan) dari Zoom ke Youtube. 
Berikut videonya. Tapi ingat, ada syaratnya: (1) Pakai akun Zoom Pro yg berbayar. (2) Punya Channel Youtube, meski jumlah subscribernya masih dikit, tetap bisa. (3) Sudah install Zoom versi Desktop di laptop/komputer.
Jika kurang paham, ini video lainnya.
Kalau akun Zoom-nya yg gratisan, yg hanya bisa live streaming/webinar maksimal 40 menit, bisakah tetap disiarkan secara live ke Channel Youtube? Bisa aja, tapi tetap 40 menit dan harus dibantu Software lain, misalnya, menggunakan aplikasi OBS STUDIO. Berikut video tutorialnya.

Tidak ada komentar:
Tulis komentar