27 September 2016

Tutorial Mendeley

 

Dalam kegiatan tulis-menulis artikel ilmiah kebanyakan di antara kita (pelajar/mahasiswa dan bahkan juga dosennya), sepertinya masih dipenuhi oleh ritual yang bersifat manual. Nggak percaya? Ini contohnya:
  • membuat daftar isi dengan cara manual, copy paste judul bab, sub bab, dan sub sub bab dari naskah dan masukin nomor halamannya secara manual (harus scroll  down untuk lihat nomor halaman dan scroll up lagi untuk mengetikkan nomor halaman pada halaman daftar isi)
  • membuat halaman cover tersendiri, halaman kata pengantar lain lagi filenya, lalu bab I dan seterusnya juga dengan file tersendiri (tujuannya supaya pembuatan nomor halaman tidak terganggu akibat jenis nomor halaman yang harus dibedakan)
  • membuat sitasi (kutipan) pada naskah juga dengan cara manual, kemudian menyusun daftar pustaka masih manual (dengan resiko sitasi yang salah, tidak lengkap atau berlebih, atau daftar pustaka yang salah ketik, tidak lengkap, atau dengan format yang tidak seragam)
  • dan, bentuk ritual manual merepotkan lainnya

Oleh karenanya, dalam tulisan ini, mari berkenalan dengan Mendeley, sebuah program sitasi yang secara otomatis dapat membantu kita dalam penulisan kutipan saat kita mengetik naskah, artikel ilmiah, skripsi dan sebagainya sehingga kita tidak terjebak lagi pada ritual penulisan naskah yang bersifat manual. Dengan Mendeley, semua lebih mudah, cepat, otomatis, dan efesien dalam menghemat waktu kerja kita.
Mukaddimah
Pada saat menyelesaikan tulisan paper atau makalah, laporan penelitian/praktikum, skripsi, tesis bahkan disertasi atau jurnal, seringkali kita direpotkan pada bagian penyusunan daftar pustaka.  Semua artikel yang dicuplik pada isi teks makalah harus muncul dalam Daftar pustaka, pada daftar pustaka kita akan dituntut lagi untuk melakukan penyesuaian metode penuisan daftar pustaka (Style) sesuai dengan Harvard Style, APA dll sebagainya.  Tidak jarang sebuah makalah mengalami kendala dalam penyelesaiannya karena bagian daftar pustaka yang penuh dengan koreksi.
Pada dasarnya hal ini sudah bukan masalah lagi sejak puluhan tahun silam, namun dalam sistem pendidikan kita sangat jarang ada ruang dan waktu yang diperuntukkan untuk mengenal dan mendalami aplikasi penggunaan program-program pengutipa pustaka (sitasi/Citation).  Sejak dulu akademisi di luar negri sana sudah mengenal berbagai software pendukung manajemen sitasi, ada Aigaion, Bebop, Biblioscape, EndNote, Mendelay dan terdapat puluhan ragam program sitasi tersebut, dan yang paling popular di Indonesia adalah EndNote, Zotero, dan Mendeley.
Pada kesempatan kali ini, kita akan sedikit membahas pada penggunaan mendeley, kelebihan utama selain kemudahan interface (friendly), software ini dapat anda download melalui situs resmi secara gratis. Tutorial berikut ini dapat juga anda lihat pada situs resmi mendeley, namun kami tetap berusaha membantu untuk menyajikan tutorial cara instalasi dan beberapa cara penggunaannya dalam bahasa Indonesia.
Instalasi
Aplikasi Mendeley (exe) dapat anda peroleh dari teman yang sudah mendownload program tersebut.  Versi terakhir saat ini adalah Mendeley Dekstop 1.9.1.  Jika belum, pertama-tama kunjungi situs resmi mendelei (klik disini).  Download apliksi kemudian lakukan instalasi setelah download berhasil.  Pada bagian akhir instalasi anda akan diminta untuk memasukkan alamat email dan password untuk melakukan registrasi pada mendeley WEB.  Sehingga sangat disarankan unutk melakukan instalasi dalam keadaan sedang online atau terkoneksi dengan internet.  Setelah proses instalasi sekarang anda memiliki dua komponen mendeley, yaitu Mendeley Dekstop (yang terinstal pada PC anda) dan Mendeley WEB (versi online dimana file-file cuplikan anda akan tersimpan dan senantiasa tersinkronisasi dengan Mendeley Dekstop). 
Plugin ke word Office
Berikutnya kita lakukan pemasangan Plug-Ins pada Microsoft Office Word.  Pada mendeley desktop, klik Tools, pilih Install MS Word Plugin.  
Jika aplikasi MS Word anda sedang terbuka, maka mendeley akan meminta izin untuk merestar MS Word.  Selanjutnya, buka MS Word, dan pada bagian Ribbon, Klik References.  Sekarang anda dapat melihat Mendeley Cite-O-Matic pada Ribbon tersebut.
Memasukkan Reference atau Bahan Kedalam Mendeley
Cara memasukkan bahan (misalnya jurnal) ke dalam mendeley sangat mudah.  Buka folder file-file dalam bentuk PDF yang telah anda download sebelumnya.  Minimize window, kemudian klik dan drag file kedalam mendeley.
Berikutnya, akan tampil file yang telah anda masukkan pada bagian tengah Mendeley dan deskripsi file (bahan sitasi) pada sisi kanan mendeley.  File tersebut dapat anda buka secara langsung dengan Klik 2 kali pada file.
Melakukan Sitasi
Baiklah, secara langsung kita melakukan simulasi untuk melakukan sitasi atau pengutipan pustaka.  Setelah anda mengutip pernyataan dari literature, klik Insert Citation. Selanjutnya akan muncul window baru kemudian klik Go To Mendeley.
Kemudian anda akan masuk pada Mendeley Dekstop, klik bahan yang dikutip, kemudian kllik Cite, seacara otomatis, pada bagian belakang kalimat yang anda kutip akan muncul nama penulis yang anda kutip.
Memunculkan Bibliografi
Tahap berikutnya adalah memunculkan daftar pustaka atau Bibliography.  Caranya sangat mudah, letakkan kursor pada bagian bawah DAFTAR PUSTAKA atau REFERENS.  Kemudian, Klik Insert Bibliography pada Ribbon MS Word. Secara Otomatis pustaka yang tekah anda cite tadi akan muncul.
Penutup
Semoga bermanfaat, jika ada pertanyan silahkan tinggalkan komentar.
Sebagai pelengkap, berikut kami sertakan beberapa file yang membahas tentang tutorial penggunaan Mondeley. Silahkan klik, baca dan download.
  • Tutorial Mendeley by Yoli Yuliandra (klikdisini)
  • Tutorial Mendeley by Anang Wahyu Sejati (klikdisini)
  • Manajemen Digital Library – Mendeley Desktop (klikdisini)
  • 12 Langkah Menggunakan Mendeley by Happy Chandraleka (klikdisini)
  • Mendeley – Citation Management Software (klikdisini)
  • Instruction Mendeley (klikdisini)

Anda juga dapat melihat atau mendownload video-video tutorial mendeley

Tidak ada komentar:
Tulis komentar