11 September 2019

B.J. Habibie: Jenius, Religius, Visioner.

 

Jenius, Religius, Visioner.
Itulah B.J. Habibie. Selamat Jalan. Jasamu untuk bangsa dan dunia akan selalu dikenang.

Dialah Mr. Krack yg berkat teorinya, kelelahan (fatique) logam dlm pesawat yg mengakibatkan keretakan (krack) pesawat, dapat dideteksi. Berkat krack progression ini, pesawat jadi lebih aman dan resiko jatuh dpt dihindari sejak dini. Luar biasa!
Dialah penemu "Faktor Habibie", sebuah teori yg bisa meringankan operating empty weight (bobot pesawat tanpa berat penumpang dan bahan bakar) hingga 10% dari bobot sebelumnya. Bahkan angka penurunan ini bisa mencapai 25% setelah Habibie menyusupkan material komposit ke dalam tubuh pesawat. Luar biasa!
Dialah perancang prototipe DO-31, pesawat baling-baling tetap pertama yg mampu tinggal landas dan mendarat secara vertikal. Dia pula yg membuat Indonesia CN-235 dan N-250, pesawat asli buatan Indonesia.
Tak heran, jika beliau dianugerahi Award von Karman (1992) di bidang kedirgantaraan. Gensinya setara dengan Hadiah Nobel. Belum lagi sejumlah gelar Doktor Kehormatan (Doctor of Honoris Causa) dari berbagai Universitas terkemuka dunia, antara lain Cranfield Institute of Technology dan Chungbuk University.
Masih banyak jasa dan kontribusinya untuk bangsa dan dunia. Semoga segala amal baktinya diterima Allah dan dosa-dosanya diampuni. Semoga husnul khatimah. Al-Fatihah.
Bangsa Indonesia bersaksi B.J. Habibie orang baik dan sholeh.

Tidak ada komentar:
Tulis komentar