3 Desember 2011

Kiai Manajer

 

Judul Buku: Kiai Manajer: Biografi Singkat Salahuddin Wahid
Penulis: HR. Taufiqurrochman, MA
Penyunting: Ali Subhan, M.Pd
Desain Isi: Bayu Tara Wijaya
Desain Sampul: Robait Usman

ISBN 979-602-958-414-1
Cetakan I, 2011
Penerbit: UIN-Maliki Press

Deskripsi Buku

Sosok Gus Sholah adalah pribadi yang lengkap. Beliau adalah kiai, ulama, intelektual, kontraktor, pebisnis, insinyur, aktivis pergerakan, pejuang HAM, politikus, ketua PBNU, rektor dan pengasuh pesantren, suami sekaligus ayah yang menjadi imam, cawapres, penulis dan masih banyak lagi gelar lainnya.

Melalui tangan dinginnya, Pondok Pesantren Tebuireng kini berada di era revitalisasi. Perubahan besar-besaran tengah berlangsung di pesantren yang berdiri sejak tahun 1899 itu. Mulai dari pembangunan fisik, peningkatan sumber daya manusia, pengelolaan dana, dan sebagainya.

Dalam kurun waktu 10-15 tahun sejak April 2006, PP Tebuireng akan disulap menjadi "kiblat" pesantren di Jawa Timur, dan bahkan di Indonesia. Jika Nahdlatul Ulama (NU) yang didirikan Hadratus Syekh Kiai Hasyim Asyari bisa menjadi ormas Islam terbesar, maka tidak mustahil bila PP Tebuireng akan mengikuti jejaknya. Sebab, kali ini ia sedang dinahkodai langsung oleh sang Kiai Manajer.

Buku "Kiai Manajer" terbitan UIN Maliki Press Malang, tahun 2011 lalu ini, mengambarkan biografi singkat KH. Salahuddin Wahid yang kini tengah bertekad mewujudkan impian PP Tebuireng, yakni menjadi "Pesantren terkemuka penghasil insan pemimpin yang berakhlaq"

3 komentar:
Tulis komentar
  1. Ustad, kiranya ada buku koleksi yang masih layak baca untuk dihibahkan? Dengan senang hati kami menerimanya. Saat ini kami sedang ikhtiar untuk membuka taman bacaan para santri madrasah.

    BalasHapus
  2. Saya belum bisa menjawabnya, hanya berharap semoga ikhtiyar bagus tsb bisa terlaksana dan diridhai Allah swt

    BalasHapus
  3. assalammualaikum wr wb
    saya mewakili temen manteb's mahasiswa alumni tebuireng yg d sby memiliki agenda salah satunya bedah buku kiai manajer ini...saya minta pendapat dari sampean dan masukan dari sampean mengenai agenda ini...???

    BalasHapus