19 Agustus 2016

SAP MK Permainan Lagu Cerita

 


SATUAN ACARA PERKULIAHAN
Matakuliah
:
Permainan, Lagu, dan Cerita
Kode Matakuliah
:
1233402
SKS
:
2 SKS
Fak./Jurusan
:
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan/Pendidikan Bahasa Arab
Semester
:
VII (tujuh)
Dosen  
:
Dr. H. R. Taufiqurrochman, MA
A.     Deskripsi Mata Kuliah
Mata Kuliah “Permainan, Lagu, dan Cerita” termasuk ke dalam rangkaian dari Program Pilihan “Arabiyah Lil Athfal (ALA)” yang memuat teori dan praktik pembelajaran bahasa Arab melalui permainan, lagu dan cerita. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan menjadi tenaga pendidik bahasa Arab yang profesional, kreatif, inovatif dan produktif.
B.      Tujuan Mata Kuliah
Mata Kuliah “Permainan, Lagu, dan Cerita” bertujuan membekali mahasiswa kemampuan mengajar bahasa Arab untuk anak (ALA) yang inovatif dan kreatif. Secara spesifik, manfaat mata kuliah “Permainan, Lagu, dan Cerita” ini adalah sebagai berikut:
(1)    Menguasai teori dan praktik pembelajaran bahasa Arab untuk anak.
(2)    Memproduksi media dan sumber belajar melalui permainan, lagu dan cerita untuk Program “Arabiyah Lil Athfal (ALA)”.
(3)    Memiliki daya kritis dalam menganalisis berbagai problematika dalam ALA.
(4)    Memahami literatur bahasa Arab yang secara khusus membahas pembelajaran bahasa Arab untuk anak, terutama terkait yang dengan permainan, lagu dan cerita.
(5)    Membuka ruang penelitian bagi mahasiswa untuk mempersiapkan ujian akhir.
C.      Kegiatan Perkuliahan
Perkuliahan ini menggunakan Model Active Learning yang diawali dengan presentasi dosen dan diskusi interaktif di dalam kelas. Selain itu, perkuliahan ini didesain berbasis proyek (Learning Based Project) yang menuntut mahasiswa (individu/kelompok) untuk memproyeksikan media belajar yang tepat untuk Program ALA, mulai dari tahap analisis kebutuhan, desain produk, verifikasi produk hingga mempraktikkannya secara nyata. Oleh sebab itu, kegiatan perkuliahan lebih banyak dilakukan secara mandiri di luar kelas (60%) untuk produksi media ALA.
D.     Materi Perkuliahan (course outline)
§  Pendahuluan: SAP & Kontrak Kuliah
§  Permainan dalam PBA
§  Dasar Filosofis
§  Urgensi dan Rambu Permainan
§  Kreatifitas Permainan Bahasa
§  Lagu dalam PBA
§  Dasar Filosofis
§  Asas Pemilihan Lagu Anak
§  Metode Pembelajaran melalui Lagu
§  Karakteristik Anak dan Pemerolehan Bahasa
§  Cerita dalam PBA
§  Sastra Anak
§  Jenis Cerita Anak
§  Tehnik Mendongeng
E.      Evaluasi
Kriteria penilaian meliputi:
§  Aktifitas Kuliah (Presensi)                        : 20%
§  Tugas (Kelompok)                                       : 20%
§  Ujian Tengah Semester (Individu)        : 30%
§  Ujian Akhir Semester (Individu)            : 30%
F.      Daftar Pustaka
§  Mahmuda, Umi dan Abdul Wahab Rosyidi. 2008. Active Learning dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN Malang Press
§      عبد العزيز، ناصف مصطفى. 1991. الألعاب اللغوية في تعليم اللغات الأجنبية. الرياض: دار المريح.
§      الصويركي، محمد علي. 2015. الألعاب اللغوية ودورها في تنمية مهارات اللغة العربية. دار الكندي.
§      اكسفورد، ربيكا. 1996. استراتيجيات تعلم اللغة. القاهرة: مكتبة الأنجلو المصرية.
§      عمارة، عبد الله محمد. 2008. تنمية المهارات اللغوية للأطفال. دار فرحة للنشر والتوزيع.
§      صبري، ماهر إسماعيل. لعب وفكر وتعلم. القاهرة: شركة شفي
G.     Media/Alat
Buku (Referensi), Proyektor, Lembar Tugas, Papan dan alat tulis, dll.
H.     Jadwal & Tugas Perkuliahan
Mata Kuliah ini dirancang 16 Tatap Muka, termasuk UTS dan UAS. Setiap materi, didahului oleh presentasi dosen, lalu dilanjutkan penugasan (individual & kelompok). Strategi Perkuliahan menggunakan Active Learning, Work Based Learning (WBL) dan Project Based Learning (PBL) yang menitik beratkan pada aktivitas dan kreatifitas mahasiswa dalam mengerjakan tugas dan menghasilkan produk.
No
Materi Kuliah
Tatap Muka
Keterangan
1.                    
Mukaddimah: SAP
1 kali
Ta’aruf & Pembentukan Kelompok
2.                    
Permainan dalam PBA
2 kali
Presentasi Dosen & Diskusi Kelas
3.                    
Lagu dalam PBA
2 kali
Presentasi Dosen & Diskusi Kelas
4.                    
Cerita dalam PBA
2 kali
Presentasi Dosen & Diskusi Kelas
5.                    
Video Permainan
3 kali
Praktik Lapangan (Luar Kelas)
6.                    
Pembuatan Lagu B. Arab
2 kali
Praktik Lapangan & Presentasi Hasil
7.                    
Pembuatan Cerita B. Arab
2 kali
Praktik Lapangan & Presentasi Hasil
8.                    
UTS
1 kali
Pengumpulan Tugas
9.                    
UAS
1 Kali
Pengumpulan Tugas
Tugas mahasiswa:
(1)    memproduksi video praktik permainan bahasa.
(2)    memproduksi kumpulan lagu bahasa Arab (print & soft file).
(3)    memproduksi kumpulan cerita bahasa Arab (print & soft file).

(4)    memahami literatur pembelajaran bahasa Arab untuk Anak terkait dengan permainan, lagu dan cerita (hunting artikel jurnal/buku, analisis teks, penerjemahan artikel).

File Lengkap di bawah ini:

Tidak ada komentar:
Tulis komentar