2 Januari 2017

Pengertian Metode Penelitian

 

Pengertian Metode Penelitian
Ada banyak definisi tentang apa itu “Metode Penelitian”? Namun secara umum, definisi tersebut bermuara pada kesimpulan sebagai berikut.
Metode Penelitian (بحث علمي) adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu.

Dari pengertian di atas, ada 4 kata kunci terkait dengan pengertian metode penelitian, yakni: cara ilmiah, data, tujuan dan kegunaan.

Cara Ilmiah
Kegiatan Penelitian didasarkan pada ciri-ciri keilmuan (Rasional – Empiris – Sistematis). Jadi, ciri-ciri keilmuan ialah:
  • Rasional (عقلي); yaitu cara yang ditempuh peneliti “masuk akal” atau terjangkau oleh penalaran manusia.
  • Empiris (واقعي، تجريبي); yaitu cara yang dilakukan dapat diamati oleh indera, agar orang lain bisa mengamati dan mengetahui cara yg digunakan oleh si peneliti.
  • Sistematis (نظامي); yaitu proses riset yang dijalankan oleh peneliti memiliki langkah-langkah tertentu yang bersifat logis. Langkah-langkah tersebut sistematis, sesuai aturan-aturan dalam penelitian.

Data
Data yang diperoleh melalui penelitian adalah data empiris (teramati) yang mempunyai kriteria tertentu (valid). Valid (صحيح، دقة) ialah data yg menunjukkan derajat ketepatan antara data yg sesungguhnya terjadi pada obyek dengan data yang dikumpulkan peneliti. Artinya, jika data yang ada pada obyek berbeda dengan data yang ada pada peneliti berbeda, maka data tersebut “tidak valid”, tidak tepat atau tidak benar. Oleh karena itu, diperlukan tehnik atau cara-cara tertentu (أساليب جمع البيانات) dalam usaha mendapatkan data.

Validitas Data perlu untuk diuji agar benar dan tepat. Validitas data diuji dengan melihat aspek “Realibilitas” dan “Obyektivitas”. “Realibilitas” adalah tingkat Konsistensi data, ajeg (ثبات) pada interval waktu tertentu. Sedangkan “Obyektivitas” adalah kesepakatan banyak orang (interpersonal agreement) bahwa data itu memang demikian adanya.

Perlu dicatat, bahwa data yang reliabel / data yang objektif belum tentu Valid. Namun, Data yang Valid cenderung Reliabel dan Objektif.

Tujuan
Secara umum, tujuan penelitian ada 3, yaitu: Penemuan – Pembuktian – Pengembangan.
  • Penemuan (Eksploratif): Penelitian yang bertujuan menemukan problematika/ data baru yang sebelumnya tidak/belum diketahui.
  • Pembuktian (Verifikatif): Penelitian yang bertujuan menguji suatu pengetahuan. Data yang diperoleh untuk membuktikan keraguan informasi/pengetahuan tertentu.
  • Pengembangan (Development): Penelitian yang bertujuan mengembangkan pengetahuan yang sudah ada (memperdalam, memperluas).

Kegunaan
Apa kegunaan penelitian? Secara umum, guna dari penelitian adalah data yang diperoleh dari proses penelitian itu dapat digunakan untuk memahami, memecahkan dan mengantisipasi masalah.
Dari penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa paling tidak, kegunaan penelitian ada 3, yaitu untuk memahami, memecahkan, dan mengantisipasi masalah.
  • Memahami, yakni usaha memahami, mengetahui problematika / data baru yang sebelumnya tidak/belum diketahui.
  • Memecahkan, yakni usaha memecahkan masalah/data yang sudah diketahui untuk mendapat alternatif solusi.
  • Mengantisipasi, yakni usaha mengantisipasi agar masalah/problem yang ada tidak terjadi lagi di masa depan. Biasanya dilengkapi saran (rekomendasi) dari pihak peneliti kepada pihak-pihak terkait agar masalah tersebut dapat diantisipasi.
Bagaimana, sudah jelas kan apa itu metode penelitian? Dari paparan di atas, dapat disimpulkan sebuah definisi yang lengkap tentang apa itu metode penelitian kependidikan.


Metode Penelitian Kependidikan adalah Cara Ilmiah untuk mendapatkan Data yang valid dengan Tujuan dapat ditemukan, dikembangkan, dan dibuktikannya suatu pengetahuan tertentu sehingga pada waktunya dapat Berguna untuk memahami, memecahkan, dan mengantisipasi masalah dalam bidang pendidikan.

Tidak ada komentar:
Tulis komentar