29 Januari 2012

Butuh Dana Cash?

 


Anda butuh dana cash? Proses cepat, Kurang dari 24 Jam, Jaminan Ringan, Bunga Terjangkau? Hubungi........

Selebaran yang memuat iklan seperti di atas, sudah banyak ditemukan di berbagai tempat. Ada yang ditempelkan di pohon, jembatan, dalam baliho, dibagi-bagikan di perempatan jalan, di pasar, dan sebagainya. Bagaikan "Dewa Penyelamat", iklan-iklan itu seakan membantu kesulitan masyarakat di tengah himpitan ekonomi. Akan tetapi, disadari atau tidak, pada akhirnya iklan itu adalah bisnis. Bisnis berarti mencari keuntungan. Keuntungan dibalik slogan bantuan dan pinjaman.

Jika dipikir-pikir, kata seorang teman, kok ada ya pihak-pihak yang berbaik hati memberikan pertolongan atau bantuan keuangan, padahal semua orang tahu bahwa keadaan ekonomi saat ini sedang pas-pasan, bahkan banyak yang kekurangan? Selain itu, orang yang jujur, baik hati, kaya dan dermawan di zaman sekarang ini juga langka.

Nah, apakah lembaga atau pihak yang menawarkan bantuan itu termasuk pihak yang langka dan baik hati itu? Ataukah sebaliknya, dia adalah pihak rentenir yang berselubung di balik "bantuan atau pinjaman", tapi sebenarnya membisniskan uang melalui hutang-piutang.

Bolehkah akad hutang-piutang dalam Islam? Jawabnya, jelas boleh. Islam sebagai agama universal juga mengatur hubungan transaksional antar sesama manusia. Bisa melalui jual-beli, hutang-piutang, jaminan, pesanan dan sebagainya. Tapi, syarat yang terpenting adalah bersih dari riba.

Keberadaan para pebisnis uang (baca: rentenir) itu, bagi masyarakat yang kurang mampu apalagi yang sedang dihimpit kesulitan, jelas dipandang sebagai alternatif yang tepat. Dengan memberikan seperangkat jaminan berupa surat-surat berharga seperti BPKB, Sertifikat Rumah, dan sebagainya, seseorang sudah pulang membawa segepok uang yang ia perlukan. Entah untuk modal kerja, biaya hidup, atau malah untuk menutup hutang lain alias gali lobang tutup lobang.

Praktik riba yang dilarang agama, sudah bisa dipastikan akan mendatangkan kerugian. Mesti ada pihak yang menang dan kalah dalam transaksi ribawi itu. Bukan hanya kerugian secara finansial karena harus membayar bunga, tapi yang lebih daripada itu adalah kerugian spiritual. Inilah sesungguhnya yang lebih berbahaya.

Bagi pemilik modal yang merentenkan uangnya dengan dalih pinjaman, sama saja berarti menebarkan keharaman. Ia jelas menjadi fasilitator bahkan produser bisnis yang berbasis riba yang pada hakikatnya rapuh. Bisa saja uang kredit yang dipinjamkan itu menjadi modal bagi pelaku usaha yang lalu memberi keuntungan. Tapi sekali lagi, memberi pinjaman dengan keharusan membayar riba sama saja dengan mencekik kawan yang sedang terbelit kesulitan.

Bahkan, ketika uang pinjaman itu telah diterima oleh seorang nasabah, maka pada saat itu pula, sebenarnya si nasabah itu telah menjadi karyawan bagi si pemberi hutang. Ia akan bekerja untuk membayar hutangnya plus bunganya juga.

Dengan kata lain, iklan-iklan penyedia pinjaman modal itu sebenarnya mencari karyawan atau pekerja keras yang siap membayar bunga atau menghasilkan keuntungan bagi mereka. Padahal, ketika seseorang berbisnis dengan modal hasil pinjaman, ia belum tentu untung terus. Sementara besaran bunga yang harus ia bayar, nominalnya pasti, tidak boleh terlambat bayar dan dikenakan denda meski hanya terlambat sehari. Benar-benar kejam bukan?

Bagaimana jika si penerima pinjaman itu rela, mengaku ikhlas, bersedia membayar bunga sebesar ketentuan yang disepakati dan sama sekali tidak keberatan asalkan dapat uang?

Hati nurani tak dapat dipungkiri. Boleh jadi, saat ia kesulitan, sedang butuh uang, ia tidak bisa berpikir sehat. Yang ada cuma nekat. Tapi, tak sadarkah dia bahwa pada saatnya nanti, pasti di dalam hatinya merasa "nelongso dan ngersulo", merasa berat dengan bunga, merasa diperlakukan tidak adil, merasa dirugikan, dan seterusnya.

Inilah yang dimaksud dengan kerugikan spiritual itu. Yakni, kondisi dimana jiwa kita telah dibutakan dalam melihat mana yang halal dan mana yang haram, mana yang menguntungkan dan mana yang merugikan, mana yang hak dan mana yang batil. Dan, Islam telah mengatur sebuah hukum muamalat agar transaksi antar sesama manusia berlangsung adil dan tidak merugikan pihak lain.

Iklan-iklan beraroma riba yang membungkus bisnis renten dengan slogan pinjaman dan bantuan, pada hakikatnya adalah ajakan untuk meraih mimpi kosong yang merugikan, bukan hanya secara finansial, tapi juga dalam aspek spiritual.

7 komentar:
Tulis komentar
  1. Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar hutang Anda?
    Anda membutuhkan pinjaman untuk memulai bisnis,
    pinjaman untuk membayar tagihan,
    Kami hadir untuk memberikan pinjaman dengan jumlah berapa pun, hubungi kami melalui alamat perusahaan:
    Guaranteetrust.loanfirm@hotmail.com

    BalasHapus
  2. Apakah Anda seorang pebisnis / wanita atau pegawai pemerintah dan Anda ingin mandiri secara finansial dan menumbuhkan bisnis Anda ini adalah kesempatan Anda, kami menyediakan semua jenis pinjaman baik jangka panjang maupun jangka pendek, proses kami sangat sederhana dan mudah semua orang dapat mengajukan permohonan , Anda tidak harus terus menjadi tanggung jawab keuangan kepada siapa pun, hari ini Anda dapat memutuskan untuk memiliki kebebasan finansial Anda sendiri dan kehidupan yang lebih baik untuk diri dan keluarga Anda, kami sangat bersedia memberi Anda pinjaman pilihan Anda, berapapun jumlah yang Anda butuhkan, kami akan menyediakannya untuk Anda. Jangan hanya duduk di sana menyaksikan orang lain membuat kemajuan finansial, jika Anda ingin pinjaman ditambahkan ke modal Anda atau memulai bisnis Anda sendiri, ini adalah kesempatan Anda untuk menghubungi kami hari ini



    Perusahaan: CREDIT FINANCIAL GROUP
    E-mail: (creditfinancialgroup01@gmail.com)
    Whatsapp : +447480724786
    BBM INVITES: {DDA46523}

    BalasHapus
  3. Dewan direksi WhatsApp .. +447456405237
    Email: (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com)
    Ikuti kami di instagram @
    Aasimahaadilaahmed.loanfirm
    Twitter; aasimhaloanfirm

    Nama saya Zalina, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di indonesia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet. Saya ingin berbagi kesaksian saya tentang bagaimana teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditor tepercaya ini bernama perusahaan AASIMAHA ADILA.di twitter. Perusahaan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan senilai IDR 970 juta dalam waktu kurang dari 1 jam tanpa tekanan. Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan. Saya telah meningkatkan bisnis saya di 2019 ini.
    hubungi saya: (zalinadiato@gmail.com) informasi lebih lanju

    WhatsApp ....................... +447456405237
    Twitter ........................ aasimahaadila loanfirm
    website:https://www.aasimahaadilaahmed.loanfirm.site/

    BalasHapus
  4. Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

    Detail Kontak Penuh:

    Perusahaan: ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM (ISKANDAR LENDERS)
    Email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
    BBM INVITES: {D8980E0B}
    : {4424AA}
    Alamat Facebook: {www.facebook.com/iskandar.lesteri.7}
    Website: {iskandarlestari.wordpress.com}

    TESTIMONI OLEH
    Penerima Manfaat: Angga Annisa
    Email: {anggaannisa1979@gmail.com}

    BalasHapus
  5. Semoga damai Allah menyertai Anda.
    Apakah Anda seorang pengusaha atau wanita? Apakah kamu ada di dalam?
    Stres keuangan atau apakah Anda memerlukan dana untuk memulai.
    Urusanmu sendiri?
    A) Ekspansi bisnis pinjaman pribadi.
    B) memulai bisnis dan pendidikan.
    C) Konsolidasi Utang
    Nama: ..........................................
    Negara: .........................................
    Lokasi: ..........................................
    Status: .......................................
    Jenis Kelamin: ................................................ ...
    Umur ................................................. ....
    Jumlah Pinjaman yang dibutuhkan: .........................
    Durasi pinjaman: ...................................
    Nomor ponsel pribadi: .......................
    Pendapatan bulanan: .....................................
    Terima kasih dan Tuhan memberkati.
    Email: marycoleloanscompany3@gmail.com

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum, saya JERRY ANDI sangat gembira kerana saya mendapat pinjaman kedua dari Anthony Yuliana Lenders dan kali ini saya mendapat pinjaman sebanyak Rp 330 juta setelah saya meminta untuk membuat bayaran untuk biaya insurans dan bayaran transfer saya, semua pujian yang dialamatkan kepada ALLAH, saya mendapat pinjaman sebesar Rp 330 juta dari Anthony Yuliana Lender agar ALLAH memberkati mereka semua, nasihat saya kepada mereka yang mencari pinjaman di situs ini sehingga mereka harus berhati-hati karena ada banyak peminjam pinjaman palsu , Anthony Yuliana Lenders adalah salah satu pinjaman peminjam terbaik dalam talian untuk pinjaman 100%, hubungi
    (anthony.yulianalender@gmail.com)
    atau whatsapp +1 (437) 7000827
    email me{jerryandi843@gmail.com}

    BalasHapus
  7. saudara-saudara

    Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku
    Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu
    Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman
    Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya
    ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com)
    BBM: D8E814FC

    Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda
    Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda
    Gmail saya adalah

    Ratu Efendi Lisa
    efendiqueenlisa@gmail.com

    BalasHapus