18 Mei 2012

Murisco FM

 


Idealnya, masjid harus menjadi pusat kegiatan agama Islam. Dari masjid, diharapkan ada pencerahan yang mampu mencerdaskan umat dan menggerakkan kehidupan masyarakat dalam beragama, berbangsa dan bernegara.

Untuk itu, diperlukan media penyaluran informasi yang efektif agar semua masjid terasa selalu hidup di tengah jamaah. Apalagi kini, arus informasi kian deras dan komunikasi makin mengglobal, sehingga pemanfaatan media networking dan aneka multimedia menjadi keniscayaan supaya masjid selalu eksis.

Nah, akhir tahun 2012 ini, Masjid Muritsul Jannah Kotalama Malang akan segera direnovasi. Persiapan pembangunan mulai dari pembentukan tim sukses, panitia pembangunan hingga perangkat penunjang administratif tengah dipersiapkan. Diharapkan, pembangunan ini akan rampung dalam 1 hingga 1.5 tahun dengan syarat semua komponen masyarakat kompak, bahu membahu dan bersatu mensukseskan planning besar ini.

Memakmurkan masjid, tidak cukup berhenti dengan membangun atau merenovasi konstruksi fisiknya saja, tapi juga membangun jiwanya dan menghidupkan ruh keagamaan di dalam rumah Allah. Untuk itu, selain rencana pembangunan fisik, planning ini juga harus mencanangkan aspek psikis masjid dan spiritual umat.

Dengan menilai kebutuhan di atas, maka Takmir juga berencana akan mendirikan sebuah stasiun radio yang nantinya akan berpusat di kantor masjid lantai dua. Di sana, akan tersedia ruangan khusus sebagai studio untuk mengelola informasi dan mempublikasikan berita keagamaan, pendidikan, bimbingan ibadah, tanya jawab, konsultasi dan sebagainya.

Radio yang digagas itu akan diberinama Murisco FM yang akan ditangani secara profesional dengan memanfaatkan SDM yang ada di tengah-tengah para jamaah. Dengan manajemen yang baik, radio itu akan bersifat publik dan diberi kebebasan untuk berkembang, baik dalam hal konten religius maupun finansial yang akuntable.

Di bawah kepengurusan takmir, akan dibentuk unit informasi dan publikasi yang salah satunya akan menangani tentang Murisco FM.  Di kantor yang sama tersebut nantinya akan disulap sebagai rumah produksi masjid Muritsul Jannah yang secara mandiri bebas berkreasi.

Menyambut rencana besar ini, ada peluang bagi mereka yang berpotensi di bidang penyiaran radio untuk mulai berancang-ancang menetapkan langkah-langkah strategis supaya ide ini bisa mudah direalisasikan.

Melalui radio Murisco FM, warga yang ada di sekitar masjid maupun yang jauh dari wilayah Kebalen Wetan, nantinya akan bisa mengakses informasi kemasjidan, keagamaan, pendidikan, kabar kampung, berita pasar, iklan, peluang kerja, konsultasi keluarga, dan sebagainya.

Manfaat radio Murisco FM bukan hanya memperluaskan jangkauan dakwah dan memperlebar jalinan komunikasi saja, namun lebih dari itu, radio juga akan membuka peluang-peluang untuk menyalurkan bakat dan menambah income.

Mari kita sambut masjid berbasis multimedia, Masjid Muritsul Jannah Kotalama Malang.

Tidak ada komentar:
Tulis komentar