6 Oktober 2012

Anak Usia Dini nakal

 


Tulisan kali ini akan mencoba membahas tentang anak nakal. Selama ini mungkin orang tua maupun pendidik di lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) maupun Taman Kanak-kanak atau bahkan di sekolah dasar sering menemui anak-anak yang berlabel anak nakal. Dan terkadang juga sempat dibingungkan dengan kenakalan anak tersebut. Mungkin beberapa tips di bawah ini mampu memudahkan kita dalam menghadapi anak-anak nakal.

Jika membahas soal anak memang gampang-gamapng susah, terutama bagi anak yang nakal repotnya minta ampun. Anak yang nakal dan susah diatur mungkin ada kaitannya dengan latar belakang keluarga itu sendiri. Namun para orang tua yang memiliki anak yang nakal tidak usah bingung bagaimana cara mendidik dan mengatasi anak nakal, tulisan ini  akan sedikit memberikan tips sederhana tentang cara mendidik dan mengatasi anak nakal. Mudah-mudahan tips ini bisa menjadi solusi dalam mendidik dan mengatasi anak nakal.

Berikut ada beberapa cara mendidik dan mengatasi masalah tersebut:
  • Didekati si anak lalu ajak komunikasi layaknya sebagai teman.
  • Diberi kesempatan untuk bercerita tentang hal apa saja yang dia temui
  • Diajarai sifat dan sikap tanggung jawab
Untuk membiasakan anak bertanggung jawab haruslah dimulai sejak dini, tanpa dibiasakan sejak kecil tidak mungkin anak mempunyai rasa tanggung jawab.
  • Biasakan anak mengambil dan mengembalikan maiananya sendiri sebelum dan sesudah bermain
  • Biasakan anak untuk melakukan tugas-tugas ringan sejak kecil
  • Biasakan anak untuk menjaga kebersihan
  • Bila nakal, tegurlah dan diberi pengarahan
  • Bila melakukan kesalahan dengan orang lain biasakan anak untuk minta maaf agar dia mengeri dan menyadari kesalahannya
  • Biasakan anak untuk mengucapkan terimakasih bila ditolong atau diberi sesuatu oleh orang lain.
Demikian tips sederhana, cara mendidik anak nakal yang seharusnya segera dideteksi dan diatas sejak dini. Sebab, pendidikan karakter yang akhir-akhir ini mulai booming dan ramai dibicarakan orang di dunia pendidikan, akan sia-sia saja bila sejak dini tidak diterapkan dari keluarga dan orang terdekat dari anak. Pendidikan karakter dan usaha mengatasi kenakalan anak adalah tanggung jawab para orang tua. Untuk it,  jika orang tua merasa kesulitan mengatasi anak yang nakal segeralah mencari solusi agar tidak salah dalam mendidik. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:
Tulis komentar