12 Mei 2019

Marah Lihat Orang Tidak Puasa

 


Dulu, waktu masih latihan puasa, di masa Tsanawiyah, Aliyah hingga awal Kuliah, ada rasa marah ketika melihat org lain tdk puasa di bulan Ramadan. Apalagi, secara demonstratif makan-minum di depan mata. Melihat org duduk di warkop sambil sedal-sedul merokok, uuh, rasanya ingin gue sweeping, lalu gue ajak joinan kopi dan rokok, hehehe...

Apakah Anda termasuk org yg suka marah kalo melihat orang lain tidak puasa? Kalau iya, meminjam istilah Gus Dur, berarti puasanya masih kelas "amatiran". Bukan level awam, tapi jauh di bawahnya, alias "Nak-kanak".

Dulu, bawaan slalu emosi, apalagi usai ngaji bab nahi munkar, yg apabila melihat kebatilan, jika mampu, harus dimusnahkan. Nah, akibat pelajaran ini, jadi sering marah melihat org tidak puasa, tanpa mau tahu apapun alasannya. "Kok enak dia makan-minum, sedangkan gue harus puasa. Kurang ajar!!". Begitulah suara hati org puasa yg lagi panas. Bukankah ini sifat nak-kanak? 

Puasa adalah amal ibadah rahasia. Sangat rahasia. Hanya kita dan Allah saja yg tahu. Kalo dahaga, kita bisa minum kok pas kumur wudlu dan tidak akan ada org yg tahu. Kita puasa atau tidak, semua dampak positifnya juga kembali ke kita. Orang lain tdk akan peduli. Seberapa kuat menahan nafsu, itu juga urusan masing², bukan tanggung jawab org sekampung. Toh, puasa juga tdk akan mendatangkan pujian atau cacian dari siapapun, kecuali saat masih amatiran dulu.

Kalo mau puasa, ya puasa aja. Ngak usah marah², apalagi mendzalimi org lain dg sweeping, misalnya. Ketidakmampuan menahan amarah saat berpuasa adalah bukti bhw puasa kita tdk menghasilkan apa² kecuali rasa lapar dan haus belaka. Kalo kamu iri krn tdk bisa makan-minum, ya makan aja, gitu aja kok repot!

Jika ingin ngajak orang lain puasa, puasalah lebih dulu yg sempurna. Dgn menghormati orang yg tdk berpuasa, maka makin tinggi tingkat penghayatanmu tentang puasa. Sebab, sejatinya org yg berpuasa, tidak butuh penghormatan dari makhluk. Org yg berpuasa tapi butuh penghormatan berarti dia hamba yg manja, levelnya msh amatir, belum profesional.

Yg profesional adalah yg berpuasa krn Allah. Titik! Bukan krn orang lain puasa atau tdk. Pada saatnya, puasa akan melepaskan kita dari semua ketergantungan pd materi. Tdk tampak lagi rasa, makanan, minuman, syahwat, apalagi warung. Yg ada hanya Allah yg sepanjang hari, kita terikat dgn-Nya utk berkomitmen menuruti-Nya dlm semua suasana.

Selamat Berbuka Puasa

Tidak ada komentar:
Tulis komentar