18 Desember 2019

Tema Diskusi TEP PBA

 

Image result for diskusi kelas

Tema Diskusi dalam Mata Kuliah Teknologi Pembelajaran dan Media Bahasa Arab adalah "Teknologi Pembelajaran Bahasa Arab di Era 4.0". Di era distrupsi saat ini, model, strategi dan metode pembelajaran telah berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi dan pertumbuhan jumlah penduduk yang mayoritas sudah terintegrasi dengan produk teknologi. Hubungan antara teknologi dan pendidikan adalah simbiosis mutualisme, kedua saling terkait dan berhubungan. Teknologi masuk ke ranah pendidikan di segala aspeknya, sebaliknya, pendidikan pun memanfaatkan teknologi dan bahkan turut andil dalam pengembangan teknologi baik dari aspek proses maupun produk teknologi.

Menurut Anda, apa dan bagaimana teknologi yang tepat, mudah, dan cepat dalam pembelajaran bahasa Arab di era 4.0 saat ini? Tentu, dari aspek proses dan produk akan banyak ditemukan banyak sekali teknologi baru yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab, baik pada 4 aspek skill berbahasa (maharah) maupun 3 unsur bahasa (anashir). Untuk mempermudah, maka tema diskusi dibagi menjadi 6 tema (6 kelompok) berdasarkan model pembelajaran berbasis elektronik dan unsur multimedia. Mengingat, teknologi tidak lepas dari elektronik sebagai produknya. Berikut 6 tema diskusi.
  1. AUDIO BASED LEARNING
  2. VIDEO BASED LEARNING
  3. IMAGE BASED LEARNING
  4. WEBSITE BASED LEARNING
  5. MOBILE BASED LEARNING
  6. BLENDED LEARNING
Apa itu audio, video, image, website, mobile based learning? dan apa itu Blended Learning? Jelaskan pengertiannya, tujuan, manfaat, ruang lingkup, materi dan metodenya saat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab. Sejauh mana perkembangan audio, video, gambar/animasi, website, aplikasi mobile dan platform aplikasi Learning Management System (LMS) dapat dimanfaatkan dalam memfasilitasi pembelajaran dan meningkatkan kinerja, serta mengatasi masalah-masalah yang ada dalam pembelajaran bahasa Arab.

Mahasiswa juga boleh menampilkan beberapa contoh aplikasi, software atau hardware yang menurut analisis mahasiswa merupakan teknologi baru yang mampu mengatasi problem pembelajaran. 

Dari diskusi ini, diharapkan ada data dan temuan baru tentang proses dan produk teknologi mutakhir yang bisa diterapkan dalam pembelajaran skill istima', kalam, qira'ah, dan kitabah. Juga, diterapkan untuk mengajarkan unsur bahasa: bunyi (aswat), kata (mufradat) dan tata bahasa (nahwu, sharaf, dls).

Presentasi disampaikan dengan menggunakan Powerpoint. File powerpoint (.pptx) dapat dikumpulkan di kelas Google Classroom. 

Sedangkan TUGAS AKHIR berupa artikel yang layak di-submit ke dalam jurnal. Penulisan Artikel atau Tugas Akhir mengikuti Template Jurnal. Salah satunya, Template Jurnal Abjadia. Klik DISINI.

Dalam penulisan artikel (tugas akhir), wajib mengambil 5 - 10 referensi dari jurnal ilmiah (Lebih baik dari Jurnal Ilmiah yang telah terakreditasi Sinta1 hingga Sinta 6). Untuk mengetahui Peringkat Akreditasi Jurnal, klik Sinta2 Ristekdikti DISINI.

Jika merujuk dari buku, diusahakan buku terbitan 5 tahun terakhir. Untuk mengetahui tahun terbit dari referensi, bisa melalui Google Scholar.

Tugas Akhir ini, juga dikumpulkan ke Google Classroom. Pengumpulan Tugas akhir artikel, paling lambat: 2 minggu (14 hari) setelah perkuliahan berakhir.

Tidak ada komentar:
Tulis komentar