6 Juni 2020

SHOF HARAMAIN

 

 

Di gambar ini, tampak shof salat jamaah diatur mengikuti protokol kesehatan, berjarak sekitar 1 meter. Luar biasa!

Ini Haramain, Gaes, Masjid al-Haram Mekah dan Masjid Nabawi Madinah. Dua masjid paling mulia di muka bumi, dua masjid yg dijamin Nabi aman dari fitnah Dajjal di akhir zaman, dan bahkan di Masjid Nabawi, bersemayam jasad manusia paling mulia, Baginda Rasulullah saw. Meski begitu, dua masjid tsb tetap taat protokol kesehatan.

Tidak ada yg ribut²: ini salatnya sah apa nggak? Ini bid'ah akhir zaman! Ini ulah rezim! Kalau shafnya nggak rapat, bisa² disisipi setan? Hadeeh... ya baguslah kalo setan ikut jamaah, hehehe...

Mengikuti protokol kesehatan itu IKHTIYAR, usaha. Setelah ikhtiyar, TAWAKKAL. "Ikatlah untamu, lalu tawakkallah", inilah tuntunan Nabi. Ikhtiyar itu bagian dari ibadah, berpahala, dan bukti iman. Jadi, jangan gagal paham.

Ikut protokol kesehatan bukan berarti takut berlebihan, tapi itu bentuk disiplin, Son. Sebab, hanya orang berilmu yg punya rasa "khawatir" sehingga dia disiplin dg ilmunya. Inilah ulama itu. Orang alim tidak takut babi, tapi khawatir melanggar larangan Allah, khawatir kena najis mughalladzah, dls. Begitulah sikap orang alim, tetap disiplin terhadap protokol kesehatan di waktu abnormal atau new normal.

Oiya, perlu dipahami, bukan berarti kalau sudah ikhtiyar dan disiplin, lalu bebas 100% dari ancaman virus. Tidak! Bisa kena, bisa juga tidak. Nah, hasil inilah yg kita serahkan kpd Allah sbg bukti iman terhdp Qada & QadarNya. Tentu, keputusanNya adalah yg terbaik.

Ada teman nyeletuk, "Berdasarkan fakta di foto ini, apa berarti orang Arab Saudi yg banyak Wahabinya justru lebih disiplin?".

Entahlah, mungkin itu bedanya Arab ORI dan Arab KW, hehee...

Salam, New Normal
Semoga wabah ini segera berlalu.

Tidak ada komentar:
Tulis komentar