19 Februari 2023

Haul ke-3 Singosari

 

 

Haul ke-3 Singosari. KH Basori Alwi.
Sabtu, 18 Pebruari 2023 / 27 Rajab 1444

Teringat, sore itu, sekitar tahun 2000an, tiba-tiba, Murabbi ruhi, KH Basori Alwi menghentikan mobil tepat di rumahku. Beliau hendak mengisi pengajian rutin di tempat lain, tapi masih menyempatkan diri menjenguk murid beliau yg banyak salah ini.

Saat itu, beliau seketika memberi ijazah doa agar membaca surah “Alam Nasyrah” 313 kali secara berjamaah supaya selamat dan alam menjadi tenang. Sebab, ketika itu, viral tersebar akan ada gempa besar mulai Singapura hingga pesisir Jawa. Entah benar atau tidak. Wallahu a’lam.

Tanpa berpikir panjang, saya pun menerima, “Qobiltu”, dan langsung saya sampaikan ke jamaah Masjid Muritsul Jannah agar membacanya bakda maghrib. Setelah itu, beliau langsung pergi meneruskan “tugas” pengajian rutin.

Alhamdulillah. Gempa dan bencana besar itu tidak terjadi. Dalam tulisan ini, bukan tentang doa itu poin pentingnya. Akan tetapi, betapa besarnya kepeduliaan dan kasih sayang beliau kepada para santri dan jamaahnya agar selamat dari segala bahaya dan bencana.

Tak heran bila di akhir ajalnya, Sang Kiai berkata, “Ta’ dunga’no santriku kabeh mlebu surgo”, aku doakan semua santriku masuk surga.

Untuk Murabbi ruhi, KH Basori Alwi dan Bu Nyai, Al-Fatihah.

Tidak ada komentar:
Tulis komentar