11 November 2011

Imam Al-Jami'ah

 

Judul Buku: Imam Al-Jami'ah: Narasi Indah Perjalanan Hidup dan Pemikiran Prof. Dr. H. Imam Suprayogo
Penulis: H.R. Taufiqurrochman, MA
Penerbit: UIN-Maliki Press
ISBN: 978-602-958-283-3
Kata Pengantar: KH. Basori Alwi

Deskripsi Buku

Buku setebal 370 ini ingin memotret perjalanan hidup tokoh pendidikan yang dengan pemikiran serta gebrakannya, mampu membuat perubahan dan menciptakan berbagai kemajuan di bidang pendidikan. Dialah Prof. Dr. H. Imam Suprayogo. Setelah sukses membesarkan Universitas Muhammadiyah Malang, Prof Imam menyulap STAIN Malang menjadi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, sebuah perguruan tinggi Islam terkemuka di tanah air. 

Kesederhanaan, hidup bersahaja, sabar, berkarakter kuat, pemikirannya yang cerdas, istiqamh, rela berkorban, tidak pantang menyerah, semua itu bagian dari figur Prof. Imam sehingga tidak salah bila buku ini diberi judul "Imam al-Jami'ah". Kata "Jami'ah" di sini selain merujuk pada kampus atau perguruan tinggi, juga bermakna "pribadi yang komplit".

Buku ini ditulis dengan bahasa sastrawi yang mengalir. Membacanya laksana membaca novel atau prosa indah yang menyejukkan dan inspiratif. Dijamin, pembacanya takkan bisa menghentikan kenikmatan menyelami bahasa dan makna di balik kata-kata yang terungkap dalam buku yang juga dilengkapi koleksi foto dan sambutan-sambutan dari tokoh-tokoh nasional semisal: Muhammad Maftuh Basuni (Menteri Agama RI 2004-2009), Prof. Dr. Ing Wardiman Djojonegoro, Prof Drs A. Malik Fajar, M.Sc, Prof. Dr. H. Mudjia Rahardjo, M.Si, Prof. Dr. Yahya Muhaimin, Prof. Komaruddin Hidayat, Ph.D, Prof. Mas'ud Said, Ph.D, Prof. Dr. Ahmad Syafi'i Maarif, MA dan lainnya.

Sengaja, data dan fakta dalam buku ini dikemas dengan bahasa sastrawi agar tampak seperti fiksi, sebab yang fiksi biasanya lebih dekat di hati, terutama bagi pembaca buku biografi. Pada bagian pendahuluan, melalui buku ini, Penulisnya ingin menjadi satu dari sekian banyak orang yang kelak di akhirat bersaksi, bahwa Prof Dr. H. Imam Suprayogo adalah orang baik. Lalu, bagaimana dengan Anda?

Temukan jawabannya setelah membaca serpihan waktu sejak fajar tiba, saat matahari terbit dan seterusnya hingga hari-hari ini terasa indah.

1 komentar:
Tulis komentar
  1. assalaamu'alaikum pak, saya pengen bukunya,. sudah stop produksi, bagaimana caranya?

    BalasHapus