24 November 2011

Penyebab Sulit Dapat Jodoh

 


Anda masih jomblo, padahal usia sudah mendekati kepala 3 alias paruh baya? Jika iya, segeralah menikah, sebab nikah adalah sunnah Nabi. Menikahlah sebelum Anda kehilangan kesempatan paling berharga dalam hidup, yakni kesempatan menikah, mengikuti sunnah Nabi.

Semua orang sih mau menikah, bahkan yang sudah nikah pun masih mau nikah lagi, he...he....
Tapi masalahnya, bagi yang lama jomblo, banyak pertanyaan atau masalah yang sering menjadi pertimbangan hingga akhirnya, ngak nikah-nikah.

So, apa penyebab sulitnya dapat jodoh? Dalam tulisan ini, ada 6 faktor mengapa kita masih tidak bertemu jodoh menurut Dr. Mohd Fadzilah Kamsah.

1.  Usaha Belum Sempurna

“Usaha sudah dibuat tapi usaha yang sesuai dengan matlamat yang hendak dicapai itu tidak dilakukan. Usahanya masih belum betul, masih belum sempurna. Kurang ‘munasib’. Ada orang bertanya kepada seorang ulama, ‘Kenapa ustaz, orang ini sudah mandi bunga sampai 99 kali tapi masih tidak bertemu jodoh? Di mana salahnya ?’ Ulama itu dengan ringan menjawab, ‘Mungkin dalam rancanganAllah, usahanya ialah mandi air bunga 101 kali, tapi kamu berhenti pada tahap 99 kali".

Jangan salah paham, kita harus mandi kembang 101 kali!! Sebab, pelajaran yang bisa diambil dari jawaban ulama itu ialah mungkin kita patah semangat di tengah jalan lalu putus asa. Mestinya, ialah coba dan coba lagi. Berjuang tanpa mundur!!!

2.  Belum Benar-benar Bersedia

“Pasangan sudah ada tetapi orang yang hendak mencari jodoh itu belum benar-benar bersedia. Orang yang bersedia adalah orang yang benar-benar merasakan dirinya bagaikan jadi suami, bagaikan jadi isteri. Dengan kata lain, ia sudah dewasa dan benar-benar siap menikah. Sebab, sangat boleh jadi, jodohnya belum kunjung tiba karena ia sendiri sebenarnya belum bersedia menikah, hanya bersedia pacaran, bersedia kenalan, atau lainnya. Bukan serius bersedia menikah.

So, apakah Anda benar-benar siap menjadi suami, ayah, imam di keluarga, bertanggung jawab lahir batin. dan sebagainya? Apakah Anda bersedia menjadi isteri, ibu bagi anak-anak, mengatur rumah tangga, dan seterusnya? Jawabannya ada dalam diri Anda; bersedia atau tidak bersedia. Pilih!!

3.  Tiada Daya Penarik

“Diri kita bagiakan magnet yang bisa menarik calon pasangan kita atau sesiapa pun untuk sayang pada kita. Daya tarikan ini berpusat di hati".Caranya ialah dengan mengisi hati kita dengan sifat-sifat yang sempurna dan positif. Kalau kita benci pada orang, boleh jadi orang yang sayang pada kita masih juga menahan diri untuk meminang untuk meminang karena ia masih belum tahu daya tarik kita, sifat baik kita, kebersihan hati dan ketulusannya.

Cara pertama yang paling mudah dalam membuat diri kita menjadi magnet dan bersih ialah dengan mencoba memaafkan semua orang. Mudah-mudahan dengan sebab memaafkan semua orang, orang yang akan akan datang meminang. Bagi pria, dengan hatinya ia mudah mendapat pasangan hidupnya yang tepat dengan hatinya dan keinginannya, yang siap menerimanya dengan apa adanya. “Kita perlu perbanyakkan istighfar, solat taubat, solat hajat, istikharah, witir dan sebagainya untuk cuci hati kita. Maka hati kita akan jadi magnet untuk menarik orang yang sesuai dengan kita untuk mudah datang, sama ada bakal pasangan atau sesiapa saja.

4.  Doa Tidak Makbul

Kita berdoa untuk mendapatkan jodoh. Allah telah berfirman: “Mintalah kepada-Ku nescaya Aku perkenankan…” Persoalannya, kenapa masih tidak bertemu jodoh? Jawabnya bisa jadi karena doa yang kita panjatkan tidak makbul, belum diterima Allah, belum diwujudkan-Nya karena banyak faktor, misalhnya: hati yang masih kotor, rezeki masih belum berkat, zakat masih belum sempurna dan sebagainya. Hati yang masih kotor bermakna masih benci atau sakit hati pada orang.

5.  Restu Orang Tua Belum Total

“Jodoh tidak kunjung datang,  juga mungkin disebabkan restu emak bapak tidak total. Emak bapak maih merasakan hal yang tidak mereka ridhoi pada anaknya. Atau, boleh jadi juga karena ibu atau emak belum siap melepas anaknya. Karena itu, tanyakan pada nyak, emak, ibu, mama, umik Anda."‘Mak  apakah Emka benar-benar ridha saya berumah tangga? Mohon doakan saya supaya lekas dapat jodoh, bila Umik rela dan ridho"

So, tanyakan dan mintalah doa kedua ortu. Jangan sampai emak-babe Anda justru tidak rela kalo Anda menikah atau mereka masih keberatan, khwatir ditinggal, dan alasan lainnya. Ini adalah masalah besar karena menjadi faktor yang bisa menjauhkan Anda dari jodoh. Karena itu, sekali lagi, tanyakan, minta ridha mereka dan jelaskan dengan berbagai pengertian yang membuat mereka berbalik meridhi dan mendukung Anda untuk segera mendapat jodoh.


6.  Faktor Metafisika

Terkadang sih, ada orang yang tidak bertemu jodohnya juga disebabkan ada faktor metafisik yang seulit dijelaskan, dan faktor ini sering juga menyisakan perbedaan pendapat, antara percaya dan tidak percaya. Contohnya, terkena sihir atau gangguan ilmu hitam yang kadang-kadang susah sulit diuraikan secara saintifik, padahal faktor ini ada dan terjadi. Bukankah sihir sudah ada sejak zaman jahiliah dulu sampai sekarang. Bahkan, sihir pula yang dinas Al-Quran sebagai ilmu yang sering memisahkan kehidupan suami-isteri.

Jika memang ini yang terjadi, ada sihir sehingga Anda sulit mendapatkan jodoh, maka carilah jalan untuk membentengi diri kita dengan sering membaca al-Quran, berkonsultasi dengan para ulama atau orang-orang waskito yang memang ahli dibidang tolak sihir ini. Percaya atau tidak, itu terserah Anda. Yang jelas, ilmu hitam seperti sihir juga mampu merubah keadaan, salah satunya dari keadaaan seseorang yang semestinya telah beristeri atau bersuami, menjadi pemuda-pemudi yang jomblo, lapuk dan tidak bergairah untuk menikah.

29 komentar:
Tulis komentar
  1. takut untuk jalin hubungan, takut ini lah takut itu lah.

    BalasHapus
  2. iya, takut adalah salah satu faktor juga, trims

    BalasHapus
  3. mau cari kemapanan diri dulu, biar anak istri idak susah.

    BalasHapus
  4. Pesan S. Abu Bakar ash-Shiddiq, "Carilah kekayaan dalam pernikahan". Insya Allah, dengan menikah, akan semakin mapan, jiwa-raga, termasuk dalam hal ekonomi. Asal, nikah niat ibadah dan kedua pasangan ikhlas menjalani hubungan scr harmonis dan agamis, sama-sama menerima apa adanya dan bertekad untuk mewujudkan cita-cita bersama.

    BalasHapus
  5. Untuk nomor 4, wah kurasa bener banget. Tiap sakit hati sama org kok suka dipendem2 jd kebawa benci. Tp skrg si sudah bener2 memaafkan. Cuman susah ya emang kalo banyak yg menxari masalah duluan. Katanya si kamuflase untuk menutupi sifat iri org yg suka mencari masalah dan menyakiti. Tp sudah kumaafkan.


    Untuk point 5 aku rasa juga bener. Aku ngerasa udah dewasa ini belum boleh jauh dari orang tua, kerja di luar kota pun ortu seperti tidak, mengijinkan. Tinggal mandiri juga belum diijinkan, tp rata2 ortu ada alasan tersendiri sih knp larang2. Tp mungkin akan kucoba meminta restu atau meyakinkan orang tua.


    Point 6 juga itu mungkin bisa juga ya bro, apalagi semakin banyak orang yang syirik dan membenci kita, kita ga tau apa yg mereka perbuat dibelakang kita. Emmmm bukan nuduh si. Orang nekad pasti ada.


    Btw blognya bagus, membuka mataku lebar2 banget hahahaa.
    Thx sudah berbagi

    BalasHapus
  6. terima kasih atas komentar dan kunjungannya

    BalasHapus
  7. untuk no 4 itu yg masih membingungka

    BalasHapus
  8. apa suatu dosa buat org tua kalo sang anak berkeinginan menikah,namun sang orang tua blm setuju,?

    BalasHapus
  9. terima kasih, Mas Syaiful atas kunjungannya.
    ttg no 4, boleh jadi, doa kita ttg "minta jodoh" belum dikabulkan Allah krn faktor hati kita yg kotor dgn rasa benci, iri, dsb. Krnnya, perlu taubat dan ikhlas dlm berdoa. Insya Allah, jika Allah mengabulkan doa kita, pasti takkan ada penghalang atas terwujudnya cita-cita dan keinginan kita, termasuk ingin segera dpt jodoh.

    segera menikahkah anak, terutama anak gadis adalah salah satu hal yg oleh agama diperintah utk segera dilaksanakan. Bila ada anak sdh py pilihan, segera musyawarah dgn ortu. Bila ortu tidak setuju, bisa didiskusikan apa alasan mrk tdk setuju. Insya Allah, setiap ortu ingin anaknya bahagia dan akan bertindak bijak. Tapi, ortu jg gak boleh memaksakan kehendak bila anaknya telah py pilihan yg tepat sesuai tuntunan agama (calon jodoh yg soleh dan solihah, saling mencintai dan sama2 bertekad menikah untuk ibadah)

    trims telah berkunjung, senang bisa sharing

    BalasHapus
  10. ada yang bilang karena point 6. jadi ngeri deh. baru tau tau kalo diri ini di dukunin. :(

    BalasHapus
  11. sangat berguna untuk jomblo seperti saya..thx

    BalasHapus
  12. ada amalan kusus, agr cpt dpt jodoh ga.?
    waktu msh muda, bnyk cewe yg minta aq nikahin. skrg aq mo nikah para cewe nya diajak pada ga mw. mungkin aq nya da ketua an kali ya, umur nya da hampir 28thn.

    BalasHapus
  13. Terima Kasih, Mas Wahyu Bilung atas kunjungannya
    Saya kira, kuncinya adalah "Husnu Dzan" (berbaik sangka) kepada Allah. Dia boleh jadi sedang mempersiapkan 'jodoh' yg tepat di saat yg tepat. Karenanya, kita harus berdoa sambil ikhtiyar. Usaha dalam arti luas, salah satunya menjalin silaturrahim.

    BalasHapus
  14. usia paru baya 30 tahun saat saat galau ....

    BalasHapus
  15. klo susah banget mending nyerah trus koit aja kali ye, apa ga ada jalan buat yang nyerah, lempar handuk, kibarkan bendera putih, boleh brenti hidup apa kek, yang penting bisa lepas dari rasa putus asa yang bikin sesak nafas

    BalasHapus
  16. Cara mengetahui yang poin nomor 6 ini terkadang bertentangan dengan orang lain, karena sulit dibuktikan secara nyata, bagaimana solusi terbaiknya?

    BalasHapus
  17. Syukron ustadz u/ advice nya =)

    BalasHapus
  18. aku bingung kalau menyikapi masalah jodoh

    BalasHapus
  19. saintifik...

    BalasHapus
  20. aku yakin jodohku datang ditahun ini..amin

    BalasHapus
  21. Aq juga bingung menyikapi jodoh, pak guru !!!

    Thanks atas postingannya.. Barakallah guru...

    BalasHapus
  22. Aq juga bingung menyikapi jodoh, pak guru !!!

    Thanks atas postingannya.. Barakallah guru...

    BalasHapus
  23. Bs jdi krena point no 5, masih blum ridho emak, ....

    BalasHapus
  24. Kalo udh berusaha keras dan tabiat kita baik, tulus, rendah hati sepertinya memang ada pengaruh metafisika. Apalagi kalo ada beberapa kasus berat jodoh di keluarga.

    BalasHapus
  25. mau nanya kiat apa supaya cepat nikah

    BalasHapus
  26. Jadi sadar diri mengapa dan kenapa kini ku sudah mengerti apa yg harus aq perbuat

    BalasHapus
  27. do'a kan saya dapat jodoh ya ,susahnya memaafkan orang yang udha nyakitin ,tapi saya akan berusaha deh, makasi udah share

    BalasHapus