28 Februari 2017

Live Streaming Youtube: Model Pembelajaran Live

 

Perkembangan ilmu pengetahuan dan sains berdampak positif dengan munculnnya teknologi mutakhir yang amat membantu umat manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya secara mudah, cepat dan murah. Kemajuan teknologi juga menyentuh dunia pendidikan yang dengan teknologi, pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisian. Karena itu, muncul istilah e-learning, yakni model pembelajaran berbasis elektronik yang didukung dengan aneka produk hardware, software dan beragam fitur canggih yang dapat dimanfaatkan oleh guru dalam proses pembelajaran.

Dalam e-learning, pembelajaran dibedakan menjadi 2 macam Live (Synchronous) dan On Demand (Asynchronous). Maksudnya, ada pembelajaran yang memungkinkan berlangsung secara live (langsung) dimana guru dan siswa dapat bertatap muka baik face-to-face di dalam ruangan maupun melalui perangkat elektronik. Namun, ada juga pembelajaran yang “tidak langsung” yang prosesnya tidak pada saat yang sama, tapi tetap bisa diakses di lain waktu.

Youtube Live Streaming tidak hanya untuk kepentingan pembelajaran siaran langsung (live), tapi juga dapat dimanfaatkan untuk menyiarkan acara-acara atau event lain seperti pengajian umum, lomba, gelar seni, dan sebagainya. Penasaran tentang bagaimana cara pembuatan Live Streaming menggunakan Youtube? Dapatkan makalah/tutorialnya dengan klik DISINI

Tidak ada komentar:
Tulis komentar