16 Mei 2019

Bayarlah Hutangmu

 


Sebelum kau berpikir hutang negara, bayarlah dulu hutang-hutangmu karena kelak kau akan dihisab. Ingatlah saudaramu yg dulu kau merengek belas kasihan darinya sehingga dia rela meminjamimu, padahal boleh jadi dia juga sedang membutuhkan.

Ketahuilah, memberi pinjaman hutang itu lebih berat daripada memberi sedekah. Karena itu, pahala memberi pinjaman hutang lebih besar. Selain daripada itu, saudaramu itu masih tetap wajib membayar zakat dari uangnya sendiri yang telah lama kau pinjam dan belum kau kembalikan. Dia juga terkadang malu, tidak tega, merasa serba salah ketika akan menagih hutang kepadamu. Itulah yg menyebabkan, sekali lagi, pahala memberi hutang jauh lebih besar.

Nah, di bulan Ramadan ini, Allah membuka banyak pintu rizeki. Jika kau mampu, segera bayar hutangmu. Kasihanilah saudaramu. Jika Allah telah memberimu kemampuan membayar tapi kau tetap tidak mau menunaikan kewajibanmu, ketahuilah bahwa hidupmu akan semakin terasa sulit dan dunia ini terlihat kian sempit. Kenapa? Karena kau telah menyia-nyiakan rahmat Allah dan belas kasihan saudaramu.

Bayarlah, segera, kawan!

Tidak ada komentar:
Tulis komentar